TIPS: Menghindari Pembuatan Kalimat Belepotan

Bagi anda yang suka ngeblog, atau sedang mengikuti kontes ini dan itu, tidak ada salahnya jika anda membaca, memahami dan mengimplementasikan tips berikut ini:

1. Buat konsep

Tulislah konsep anda ke dalam wordprocessor (NotePad, WordPad, Ms. Word, Open Office dkk).

Apabila menggunakan bahasa Indonesia, penulisan hendaknya sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Bila ngeblog menggunakan bahasa Inggris cek spelling dan grammar-nya. Kesalahan yang umum dilakukan adalah menekan spasi sebelum/sesudah tanda hubung dan garis miring, serta menekan spasi setelah kurung buka dan sebelum kurung tutup.

Contoh penulisan kalimat yang salah:

jalan – jalan, kepada- Nya, hewan / binatang, si anu ( pemilik anu ).

Seharusnya demikian:

jalan-jalan, kepada-Nya, hewan/binatang, si anu (pemilik anu).

Sepele tapi sering dilupakan yaitu memberikan tanda titik (.) di setiap akhir kalimat.

2. Scanning per kata

Tahap ini kita baca semua tulisan kita dari awal sampai akhir. Semua kalimat harus kita baca kata per kata. Kemungkinan ada yang salah tulis. Misalnya saja penulisan kalimat “yagn” seharusnya “yang“, penulisan “dar imana” mungkin yang dimaksudkan adalah “dari mana“. Yang lebih gawat lagi kalimat “ketika” ditulis “ketiak“. Jadi lain maknanya tuh…

3. Copy dan paste ke dalam blog

Sebelum melakukan paste ke dalam blog anda, sebaiknya sesuaikan dahulu font yang dipakai. Misalnya dalam blog anda memakai font Verdana, maka font yang dipakai dalam konsep juga Verdana. Terus lakukan copy dan paste ke blog anda.

Bila ada penempatan image, sesuaikan sesuai dengan selera yang anda sukai. Dan jangan sampai lupa untuk memberikan link ke blog/website lain, apabila anda kehendaki.

4. Lihat tampilan blog anda

Lakukan final checking, rubah bila ada hal-hal yang kurang sesuai dengan anda.

Buat mas Cosa, buka sekali lagi blog-blog peserta review, mungkin sudah ada yang mengupdate (memperbaiki dan menambah image) untuk dipertimbangkan dalam penilaian. Buat peserta review yang kalimatnya belepotan segera update blog anda biar nggak belepotan lagi.

Tips ini hanyalah tips biasa yang sering saya implementasikan, mungkin anda punya tips sendiri, ditunggu komentarnya.

3 thoughts on “TIPS: Menghindari Pembuatan Kalimat Belepotan

  1. thanks masukannya. Untuk penentuan grandprize-nya emang baru aku tentukan setelah di review di akhir periode kontes nanti kok. Dan pemilihan kalimat yg menarik dng EYD yg sesuai pasti akan dijadikan pertimbangan 🙂

Tinggalkan komentar